Blogger templates

Komunitas Blogger Kalimantan Selatan Blogger Banua

Friday 14 September 2012

Belajar Memulai Menulis

Belajar Memulai Tulisan, Menulis adalah hal yang susah susah gampang, juga gampang gampang susah. Kenapa saya bilang seperti itu? ya karena memang seperti itu adanya, apalagi masalah untuk memulai tulisan. Bahkan tidak sedikit orang yang senang menulis tapi tidak produktif, karena malas memulai.
Disini, saya akan membahas bagaimana cara untuk memulai membuat tulisan. Sobat mau belajar kan? kita belajar sama-sama ya. karena entri ini juga menjadi masalah saya :p


Belajar Memulai Tulisan, jelas modal utama adalah memulai. Untuk memulai kita harus nekad, gak tau malu. Kebanyakan kita malu tulisan kita dibaca ma orang lain. Kenapa? Saya pribadi sih nggak pede. Nah, klo alasannya itu gampang aja, solusinya buat aja "blog", toh sobat semua nggak tau tuh yg baca blog sobat siapa aja. Klo sedikit yg baca ya udah lah ya, yang penting udah dimulai. Memulai itulah yang penting bahkan ada yang sudah memulai malah nggak bisa berhenti berhenti nulis. Iya bener kayak candu jadinya. Kalau udah memulai, dan terus dilatih pada akhirnya tulisan akan semakin rapih dan enak dibaca, juga rajin-rajin membaca okeh? 

Modal lainnya ya sobat, disinggung tuh di atas. Hmm terus melatih dan rajin, ini masalah terberat saya, beneran! gak bohong saya. Terus melatih dan rajin menulis itu sulitnya ampun, angkat tangan deh gue! itu kenapa beberapa karya hanya nongkrong di file doc aja nggak cetak-cetak, ya kenapa karena itu gak rajin melatih. Belum lagi kalo udah buntu sama apa yang mau ditulis. Ini juga nih yang jadi cikal bakal blog ini kenapa jadi dikasih nama "Mau Belajar" yap penulisnya pengen belajar untuk rajin nulis.. :p *ketauan deh penulisnya nggak rajin, alias malas. :p. jangan ngikut2 yang gak bagusnya ya sobay. aku berusaha terus deh buat rajin demi "blog" ini. 

Permasalahan lain yang nggak kalah penting, IDE. Yap ide buat nulis. Gampang kalau masalahnya cuma nggak ada ide buat memulai. Mulai aja menulis dengan ide "Sedang tak punya ide". ngalor ngidul aja nulisnya, pada akhirnya itu akan jadi tulisan dengan keunikan tersendiri. Kenapa? karena begini ya sobat, saya pernah mencoba untuk tetap menulis ketika memang nggak ada ide sama sekali. beneran ini! Ini saat keranjingan menulis dan ngikut lomba sana sini, sampe akhirnya memilih fokus sama penelitian saat itu. oke sedikit saya tampilkan tulisan "tanpa ide".

Semangan banget nulis tapi asli nggak punya ide banget, ah bodo lah, yang penting nulis. yang jelas saat ini (ya saat gue nulis tulisan ini, masa iya saat kalian baca) *oke ngaco*. ini nih akibat nggak punya ide. kesana kemari nggak jelas. pengen banget nulis "IDE DAAATTTTAAAANNNNGGGGLLLLAAAAAAHHH". mau aja sambil liat2 fb nulisnya. ya memang karena kagak punya ide mau diapain coba. udah kamu yang baca jangan ribut. ini usaha buat nulis okeh? harap maklumi saja sekarang gak punya ide. titik
Sendirinya ya sobat pas udah lama nggak buka tulisan itu, saya sempat terpikir beberapa hal bisa jadi menarik bahkan tidak punya ide sekalipun, itulah ajaibnya menulis, hanya saja perlu untuk memulai. Dan bagi saya pribadi memulai itu susah, dan lebih susah lagi untuk terus rajin. :p. jadi kalau sobat semua punya dua bekal itu "Memulai Tulisan dan Rajin Melatih" saya percaya sobat semua memiliki blog yang lebih bagus daripada blog saya ini, atau kalau belum punya blog percaya deh saat kalian punya blog, dalam hitungan minggu pasti sudah bagus blog-nya. insyaAllah. 

Itu sedikit dari saya tentang Belajar Memulai Tulisan sebagai share pengalaman dalam menulis yang sudah berkali-kali punya blog yang nggak beres-beres dan punya blog dengan title "mau belajar" ini semoga saya pribadi mau belajar seperti sobat sekalian yang memiliki semangat belajar yang luar biasa. Salam Belajar.

1 comment:

  1. kalau menurut ane dlam menulis itu kita harus mencari role model dalam tulisan kita, caranya dengan membaca.

    Qoreader

    ReplyDelete